Senin, 15 Oktober 2012

PSY

BIOGRAFI PSY

 Park Jae-sang lahir 31 Desember 1977; umur 34 tahun lebih dikenal dengan nama panggungnya PSY adalah penyanyi, penulis lagu, rapper, penari, dan produser rekaman asal Korea Selatan.Ia terkenal karena video lucu dan pertunjukan panggungnya, dan telah muncul di berbagai program televisi, meliputi The Ellen DeGeneres Show, Extra, Good Sunday: X-Man, The Golden Fishery, The Today Show, dan Saturday Night Live. Video musiknya "Gangnam Style" adalah video K-pop paling banyak ditonton di YouTube, dan juga video yang paling banyak "disukai" di situs tersebut.Dirilis pada 15 Juli 2012, popularitasnya terus tumbuh pesat dengan adanya video ini setelah lebih dari 413 juta ditonton, dan lebih dari 3,7 juta "disukai".\

Mengenai " GANGNAM STYLE "
 
"Gangnam Style" merupakan istilah yang digunakan oleh warga Korea Selatan untuk menggambarkan gaya hidup mewah yang berhubungan dengan Distrik Gangnam, sebuah kawasan yang makmur dan trendi di Seoul yang terkenal sebagai area elit tempat tinggal banyak artis papan atas, publik figur, maupun para chaebol dan orang terkenal lainnya. 90 % dari 300-an klinik operasi plastik di Korea Selatan terdapat di distrik Gangnam ini.Video musik dari lagu ini menggambarkan Psy menari di berbagai lokasi di Gangnam. Lagu ini sendiri menceritakan tentang gaya lelaki Gangnam kaya raya yang disukai banyak wanita.
Secara harfiah, terjemahan dari Gangnam ini adalah "오빤 강남 스타일 (Oppan Gangnam seutail)" atau " Oppa (saya) adalah Gangnam Style". Kata Korea 오빠 (oppa) berarti "panggilan dari perempuan untuk saudara laki-laki", tetapi dapat juga digunakan sebagai kata ganti pertama, atau ketiga untuk menunjuk seorang laki-laki yang lebih tua atau lebih tua dari perempuan. Berdasarkan norma-norma budaya yang lebih baru, istilah ini biasanya digunakan untuk merujuk kepada pacar atau pasangan laki-laki. Sedangkan 오빤 (oppan) merupakan singkatan dari 오빠 는 (oppaneun). 는 adalah penanda topik, yang dalam hal ini berarti subjek tersirat dari kalimat tersebut adalah penyanyinya (오빠). Dengan demikian terjemahan harfiah dari "Oppan Gangnam style" adalah "kakak atau pacar laki-lakimu [adalah] seorang Gangnam Style".
Lirik lagu ini ditulis oleh Psy, musik oleh Psy dan Yoo Gun-hyung, serta dikomposeri oleh Yoo Gun-hyung. Yoo Gun-Hyung sendiri adalah seorang produser terkenal di Korea Selatan dan juga pernah berkolaborasi dengan Psy di masa lalu.

Respon di Youtube

Indikator lain yang menyebabkan besarnya popularitas lagu itu adalah peranan situs berbagi video YouTube. The Los Angeles Times menyebutnya sebagai "salah satu video terhebat yang pernah di-unggah ke YouTube".
Video musik "Gangnam Style" sendiri di-unggah ke Youtube pada tanggal 15 Juli 2012, dan telah dilihat oleh lebih dari 131 juta kali dan menyusul video musik milik Carly Rae Jepsen, Call Me Maybe, untuk mencapai posisi nomor satu di YouTube Top 100 Music Videos pada minggu terakhir Agustus 2012. Pada tanggal 1 September, video musik ini berhasil menyalip video musik Gee milik Girls' Generation, menjadi video musik K-pop terbanyak yang pernah dilihat di Youtube. Sekitar 47% penonton video tersebut berasal dari Amerika Serikat, 7% dari Inggris, 6,8% dari Kanada dan hany 4% yang berasal dari Korea Selatan.

  Oppa is Just My Style


"Gangnam Style" secara resmi dirilis kembali pada tanggal 14 Agustus 2012 dengan judul "Oppa is Just My Style" yang menampilkan vokal tambahan dari penyanyi Korea Selatan dan anggota 4Minute, Hyuna. "Oppa is Just My Style" merupakan interpretasi "Gangnam Style" dari perspektif seorang wanita. Meskipun berbagai kritik muncul mengenai kualitas vokal Hyuna, video musik yang dirilis sesudahnya berhasil mengumpulkan lebih dari 25 juta penonton hanya dalam 3 minggu setelah di unggah ke Youtube.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Popular Posts

Kategori

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

 

Copyright © Welcome to my Site! Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger